Your Adsense Link 728 X 15

Malam Tahun Baru 2012 Yang Unik

Posted by Erix Kurniawan Herlambang Selasa, 10 April 2012 0 komentar


Malam Tahun Baru Masehi 2012 mendatang bakal menjadi malam tahun baru yang istimewa. Pasalnya, akan ada planet dalam tata surya yang akan menghiasi langit malam tahun baru.Planet-planet tersebut adalah Venus, Uranus, Neptunus, dan si raksasa Jupiter.

Beberapa saat setelah matahari tenggelam, atau sekitar pukul 19.00, Venus akan mulai menampakkan diri dengan magnitude -3,8 di horison (kaki langit) bagian barat, tepat di tengah-tengah rasi bintang Capricornius. Sedangkan Neptunus akan tampak di atas Venus dengan kecemerlangan (magnitude) 7,9. Hal ini wajar karena jarak Bumi dan Neptunus sangatlah jauh, sekitar 30,6 kali jarak Matahari ke Bumi.

Berbeda dengan Uranus, planet ungu ini akan berdampingan dengan satelit alami Bumi. Posisinya akan berada di sebelah kiri Bulan, dengan kecemerlangannya sekitar 5,8, sedikit lebih cerah dari planet Neptunus. Nah, yang terakhir, si raksasa Jupiter akan berada paling atas (hampir tepat berada di titik tengah langit. Planet ini akan tampak paling cerah kedua setelah Venus, dengan magnitude -2,4.

Untuk mengamati keempat planet ini, siapkan teropong, ataupun teleskop. Kemudian pergilah ke tanah lapang ataupun ke daerah yang kurang terpolusi cahaya lampu malam. Untuk membedakan antara planet dengan bintang, sangat mudah. Lihatlah benda langit yang tidak berkedip. Itulah planet. Tahukah kalian mengapa planet tidak berkedip? Ya! Planet tidak menghasilkan cahaya sendiri, melainkan mendapat bantuan cahaya Matahari. Sehingga jumlah cahaya yang diterima selalu sama. Itulah yang menyebabkan planet tak berkedip seperti bintang.
Mars Akan Hadir Pada Tengah Malam

Planet Venus akan segera terbenam sekitar pukul 21.00 malam. Tinggallah tiga planet lagi yang akan menemani langit malam itu. Namun, tepat tengah malam, planet Mars akan terbit di sebelah timur. Planet merah ini akan hadir dengan kecemerlangan 0,2. Cukup jelas apabila disaksikan dengan teropong. Seperti yang terkutip dalam situs Kompas.com, planet Mars, yang diduga dapat ditinggali manusia ini, memang sedang mendekati Bumi. Mars setiap harinya bergerak 1.370.000 km lebih dekat dengan Bumi. Pada 5 Maret 2012 nanti, Mars akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi.

Nah, syarat untuk menyaksikan keempat planet ini dengan jelas adalah langit tidak mendung atau hujan. Banyak cahaya di sekitar tempat pengamatan juga mempengaruhi jelas atau tidaknya planet itu. Pastikan teman-teman telah mendapat tempat yang cocok untuk menyaksikan fenomena alam ini.

0 komentar:

Posting Komentar