Your Adsense Link 728 X 15

Jual Ginjal demi iPad, Lima Orang Ditahan

Posted by Erix Kurniawan Herlambang Selasa, 10 April 2012 0 komentar

Lima orang ditahan terkait kasus penjualan ginjal oleh seorang remaja yang ingin mendapatkan uang untuk membeli iPhone dan iPad.

ipad,tablet,komputer tablet,era digitalRamin Talaie/Corbis
Pihak berwenang di China menindaklanjuti kasus penjualan organ ilegal yang dilakukan sebuah komplotan dan melibatkan seorang remaja sebagai donor. Media pemerintah setempat, Xinhua melaporkan bahwa mereka yang ditahan termasuk orang-orang yang melakukan operasi pengangkatan ginjal pada April tahun lalu.
Komplotan ini menerima sedikitnya US$35.000 dari tindakan ilegal tersebut, sementara remaja laki-laki yang masih bersekolah tersebut menerima US$3.000 untuk ginjalnya, dan dilaporkan menderita gagal ginjal setelah itu. Jaksa penuntut di propinsi Hunan menyebutkan bahwa remaja 17 tahun tersebut terbujuk dalam tindak perdagangan ilegal tersebut melalui percakapan online di internet.
Kasus ini terungkap saat sang ibu memergoki keberadaan sejumlah gadget baru di rumahnya. Dan saat ditanyai dari mana ia mendapatkannya, remaja yang hanya diidentifikasi sebagai Wang tersebut mengaku telah menjual ginjalnya. Komplotan yang mendalangi operasi didakwa atas tuduhan melukai dengan sengaja dan penjualan organ secara ilegal.
Di China, keberadaan Apple iPhone dan iPad sangat populer, dan menjadi barang berharga bagi kalangan urban setempat. Sementara itu di sisi lain keberadaan donor organ selalu terbatas. Data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa terdapat sekitar 1,5 juta orang yang butuh cangkok organ, tapi hanya 10.000 yang berhasil dilakukan tiap tahunnya.

(Ni Ketut Susrini. Sumber: BBC)

0 komentar:

Posting Komentar