Your Adsense Link 728 X 15

UAS KWN 2018 (No.3)

Posted by Erix Kurniawan Herlambang Senin, 29 Januari 2018 0 komentar
SOAL

Berdasarkan pengertian ketahanan nasional, seluruh kehidupan nasional dirinci dengan sistematika Astagrata, Jelaskan aspek-aspek Ketahanan nasional tersebut dari segi positif dan negatifnya serta berikan analisa Anda sejauh mana ketahanan nasional Indonesia saat ini terutama dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN yang telah berjalan selama 2 tahun?


*JAWABAN*


 Astagrata merupakan unsur-unsur kekuatan nasional Indonesia yang terdiri atas Trigatra dan Pancagatra.

Trigatra sendiri merupakan aspek alamiah yang terdiri atas Penduduk, Wilayah dan Sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia. Sedangkan Pancagatra adalah aspek social yang terdiri atas Ideologi, Ekonomi, Politik, Sosial Budaya juga Pertahanan Keamanan.

Unsur-unsur yang telah disebutkan tadi dianggap mempengaruhi negara dalam hal mengembangkan kekuatan nasionalnya untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia.

Berikut ini merupaka Nilai Positif dan Negatif Ketahanan nasional yang Indonesia miliki :

o   Gatra Penduduk
Indonesia Memiliki Penduduk kurang lebih sekitar 260 Juta , dimana penduduk tersebut memiliki Suku, Agama, dan kebudayaan yang berbeda tetapi tetap satu yang disatukan oleh Indonesia.

Didalam Segi Kualitas saya memiliki pendapat bahwa Penduduk Indonesia ini masih sangat minim dilihat dari aspek Pendidikan, Keinginan Bekerja, Keterampilan dan sebagainya, ini menjadi salahsatu PR yang dimiliki oleh Indonesia agar Indonesia bisa lebih maju dari Bangsa lain.

Dari Segi Kuantitas atau Jumlah, Indonesia sudah sangat mencukupi karena dengan Penduduk yang berjumlah 260Juta penduduk Indonesia dikenal oleh dunia sebagai negara dengan penduduk terbanyak di posisi ke-4, tetapi dari segi Persebaran dan perataan penduduk Indonesia masih sangat kurang karena persebaran Penduduk banyak yang terpusat di Pulau Jawa khususnya Jakarta dan Jawa Barat sehingga pulau-pulau atau daerah-daerah lain masih banyak yang tertinggal dan kekurangan Sumber daya Manusia.

o   Gatra Wilayah
Indonesia Punya Wilayah yang luasnya sekitar 1,904,569 km2 yang meliputi darat laut dan udara,juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan ekonomi, militer dan yang lainnya. Apabila kita sebagai masyarakat mau memanfaatkan berbagai wilayah yang ada di Indonesia ini kita bias menjadi salah satu negara terkaya di Dunia, misal untuk menanam sayur dan buah sehingga kita tidak perlu import dari luar negeri dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

o   Gatra Sumber Daya Nasional
Indonesia ini dikenal sebagai Negara yang memiliki sumber daya yang melimpah ruah mulai dari sumber daya di Laut, di dalam tanah dan sumber daya tambang, tapi mengapa kita selalu kekurangan.

Sumber daya yang kita miliki mecakup :
Sumber daya Hewani
Nabati / Tumbuhan
Tambang

Mampu untuk mengeksplorasi Sumber daya Alam tanpa perlu meminta bantuan asing karena apabila kita meminta bantuan dari tangan lain pasti pihak tersebut meminta bagian, dan akhirnya sumberdaya yang kita miliki dikuasi oleh asing.

Dapat Memanfaatkan dan mengontrol Sumberdaya Alam juga memperhitungkan masa depan, jangan sampai kita enak menikmati sumber daya yang ada tapi habis dikemudian hari sehingga menimbulkan masalah yang lebih buruk lagi.

o   Gatra Ideologi
Ideologi yang Bangsa Indonesia anut adalah Ideologi Pancasila yang dimana kita sebagai bangsa Indonesia harus menjunjung nilai-nilai dan norma-norma yang berdasarkan sila-sila pancasila dan menggunakan Ideologi ini sebagai pemersatu bangsa dan negara.

Di tahun ke-3 Pemerintahan bapak Presiden Jokowidodo ramai sekali perbincangan tentang kompok yang ingin mendirikan negara Islam, dari pada itu pun Bapak Jokowi gencar menyuarakan ideologi pancasila agar niali-nilai yang terkandung didalamnya tidak meluntur, tetap menjadi bangsa yang memiliki keberaneka ragaman tetapi tetap satu kokoh didalam Bangsa Indonesia.

o   Gatra Politik
Politik merupakan kegiatan yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari suatu sistem ketatanegaraan , untuk dapat melaksanakan tujuan-tujuan tersebut perlu ditentukan kebijaksanaan umum yang menyangkut pengaturan dan pembagian atau alokasi dari sumber-sumber yang ada. Politik mengandung beberapa aspek yaitu negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijaksanaan, dan pembagian/alokasi.

Indonesia menggunakan Politik nasional yang merupakan asas ,usaha dan kebijaksanaan nasional yang dijadikan landasan , politik nasional itu meliputi :
§  Politik dalam negeri, yang ditujukan untuk mengangkat dan memelihara hakat dan potensi rakyat Indonesia yang dulu pernah mengalami kesengsaraan akibat penjajahan.
§  Politik luar negeri yang bebas aktif, anti imperialisme dan kolonialisme , mengabdi kepada kepentingan nasional.
§  Politik Ekonomi yang sifatnya swasembada atau swadaya yang maksudnya tidak mengisolasi diri, tapi diarahkan untuk meningkatkan taraf hidup dan daya kreasi dari rakyat Indonesia itu sendiri.
§  Politik pertahanan dan keamanan yang sifatnya defensif aktif, untuk pengamanan dan perlindungan bangsa dari segala ancaman yang masuk ke Indonesia.
Ketahanan nasional suatu bangsa akan kokoh apabila dilakukan pembinaan yang baik kepada seluruh masyarakatnya,karena itu upaya pembinaan yang paling utama terhadap gatra politik yakni bagaimana cara untuk memberikan pengaturan ataupun pembatasan yang tegas terhadap wewenang presiden serta memberdayakan pengawasan masyarakat seperti yang dilakukan oleh LSM , Partai Politik, PERS dan lembaga-lembaga sejenis yang lainnya.


o   Gatra Ekonomi
Bidang Ekonomi berperan langsung dalam upaya pemberian dan distribusi kebutuhan warga negara, nah kemajuan di bidang ini menjadikan suatu negara menjadi negara yang tumbuh sebagai kesatuan dunia sebagai contoh yakni Tiongkok dan Jepang.

Setiap negara memiliki sistem Ekonomi untuk mendukung ataupun mejalankan perekonomian bangsanya. Sistem Ekonomi dibagi menjadi 2 bagian (yang biasanya dikenal) yakni Sistem Ekonomi Liberal dan Sistem Ekonomi Sosialis. Bangsa Indonesia sendiri menganut Sistem Ekonomi Pancasila dimana Sistem Ekonomi ini dipelopori oleh Ideologi Pancasila , yang didalamnya terkandung makna demokrasi ekonomi yang berasaskan kekeluargaan dan gotong royong dari rakyat , oleh rakyat dan untuk rakyat dibawah pimpinan dan pengawasan pemerintah.


o   Gatra Sosial Budaya
Unsur Budaya dapat menentukan kekuatan nasional disuatu negara. Hal-hal yang dialami sebuah bangsa yang homogeny akan jauh berbeda dengan yang dihadapi oleh suatu negara yang memiliki bangsa yang heterogen dari segi social budaya masyarakatnya.

Pengembangan integrasi nasional menjadi hal yang sangat penting agar dapat memperkuat kekuatan nasional.

Integrasi bangsa dapat dilakukan dengan 2 strategi kebijakan yakni :

1.    Assimilationist Policy
Merupaka strategi yang menghapuskan sifat-sifat kebudayaan utama dari komunitas kecil yang berbeda menjadi sebuah kebudayaan nasional yang dapat dipahami atau diterima oleh suatu negara.

2.    Bhineka Tunggal Ika Policy
Merupakan strategi yang dilakukan dengan cara menciptakan kesetiaan nasional tanpa menghapuskan kebudayaan lokal.

o   Gatra Pertahanan dan Keamanan Negara
Indonesia memiliki pasukan pertahanan dan keamanan nasionalnya yang dinamakan TNI yang berjuan dibidang Angkatan Udara , Laut dan Darat tapi Rakyat Indonesia juga salah satu unjur pertahanan dan keamanan yang Indonesia miliki dalam mempertahankan dan mengamankan negara demi kelangsungan hidup bangsa ini.

Penyelenggaraan Ketahanan dan keamanan nasional merupakan salahsatu fungsi utama dari pemerintah Indoneia dengan TNI dan Polri sebagai tim intinya. Wujud ketahanan dan keamanan dapat tergambar dalam kondisi daya tangkal bangsa yang dilandari dari kesadaran bela negara seluruh rakyat.

Secara geografis ancaman dari luar akan menggunakan wilayah laut dan udara untuk memasuki wilayah Indonesia. Oleh karena itu, pembangunan postur kekuatan pertahanan keamanan masa depan perlu diarahkan kepada pembangunan kekuatan pertahanan dan keamanan secara proporsional dan seimbang antara unsur-unsur utama. Kekuatan Pertahanan adalah Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). Dan unsur utama Keamanan adalah Polri.


Menurut analisis saya Tentang MEA , Indonesia cukup bisa menghadapi tentang MEA tersebut tetapi dari Segi Astagatra Indonesia masih banyak PR untuk menandingi negara-negara ASEAN, Indonesia masih kalah dengan Malaysia dan Singapur dari beberapa aspek yakni Kesehatan , dan Ekonomi , sehingga aspek-aspek tersebut perlu dibenahi lagi.


0 komentar:

Posting Komentar