Your Adsense Link 728 X 15

UAS KWN 2018 (No.1)

Posted by Erix Kurniawan Herlambang Senin, 29 Januari 2018 0 komentar

SOAL


Bela negara tidak selalu harus berarti “memanggul senjata menghadapi musuh” atau bela negara yang militerisitik tetapi juga dalam bentuk non-fisik, salah satunya berkarya nyata demi memajukan bangsa dan negara. Indonedia menjadi tuan rumah penyelengaraan Asian Games 2018 dimana perhelatan besar olah raga ini dinilai akan mengangkat citra bangsa Indonesia dan diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi secara masif. Sebagai genarasi muda bangsa, menurut Anda hal-hal apa saja yang dapat dilakukan masyarakat Indonesia dalam Bela Negara demi memajukan bangsa dan negara dengan memanfaatkan momentum Asian Games 2018? Jelaskan dan berikan rekomendasi Anda beserta contohnya!


*JAWABAN*


1.  Bela negara merupakan suatu sikap patriotisme seorang warga negara bagi negaranya, bela negara juga merupakan sikap untuk menunjukan betapa cintanya kita terhadap negara ini, penghargaan bagi para pahlawan atau pejuang yang telah bersusah payah untuk memerdekakan negara ini dari para penajajah.

Bela negara dapat dilakukan secara militer ataupun non-militer, dimana setiap warga negara dapat berpartisipasi didalam pelaksanaan bela negara tersebut.

Di tahun 2018 ini Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018,dimana perhelatan besar olah raga ini dinilai akan mengangkat citra bangsa Indonesia dan diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi secara massif.


Hal yang dapat kita lakukan sebagai masyarakat yang cinta akan tanah air, dengan memanfaatkan momen Asian Games 2018 ini dengan cara :

1.    Sebagai generasi muda yang masih banyak tenaga dan semangat, kita dapat berpartisipasi sebagai relawan Asian Games ini, sebagai relawan yang nantinya terpilih oleh pihak official Asian games kita akan banyak berinteraksi dengan peserta (volunteer dibidang tertentu) diberbagai cabang olahraga yang akan diikuti oleh 45 negara di seluruh Asia, sehingga dengan ikut serta sebagai relawan Asian games ini kita dapat berpartisipasi dalam bela negara non-militer.

2.    Berpartisipasi sebagai Atlet dan ikut serta langsung dalam perhelatan Asian Games 2018 ini yang akan mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional, apabila kita adalah kaum muda yang memiliki passion didunia olahraga kita dapat menyalurkan bakat/passion kita kedalam ajang-ajang yang bergengsi seperti ini, sehingga dapat menambah nilai baik bagi Indonesia.

3.    Dengan Memanfaatkan momentum Asian Games ini apabila kita tidak terlibat langsung dalam pelaksanaannya , kita juga bisa memperkenalkan kebudayaan yang kita miliki kepada tamu/ peserta dari negara lain sehingga, para tamu/peserta tersebut merasa tertarik dengan kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia , mereka juga dapat merasa disambut kedatangannya oleh kita sehingga bangsa Indonesia dikenal dengan bangsa yang ramah juga menaikan nilai dimata dunia.

4.    Mendukung Para Atlet Indonesia maupun atlet negara lain yang berpartisipasi langsung secara sportif, apabila kita sedang menonton Atlet dari Indonesia maupun negara lain kita tidak membedakan dengan tidak menyoraki ataupun melempar sesuatu kearahnya. Sehingga perhelatan Asian Games 2018 tetap kondusif.

REFERENSI :

Hasil Analisis dan Pemikiran Pribadi


0 komentar:

Posting Komentar