Your Adsense Link 728 X 15

UAS KWN 2018 (No.4)

Posted by Erix Kurniawan Herlambang Senin, 29 Januari 2018 0 komentar
SOAL

Berikan contoh kasus pelaksanaan demokrasi di Indonesia berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi ?


*JAWABAN*



. Indonesia merupakan Negara yang menggunakan Sistem Politik Demokrasi yang dimana Indonesia akan memberikan perlakuan yang sama terhadap setiap anggota disuatu lembaga pemerintahan yang berdiri di Indonesia tidak memandang apakah itu kelompok mayoritas atau minoritas, perlakuan yang sama tersebut maksudnya bisa didalam konteks hak dan kewajiban masing-masing individu, Setiap individu dapat ikut serta dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Nah, Indonesia memiliki banyak Prinsip-prinsip dari Sistem politik demokrasi, sekarang mari kita bedah apakah prinsip-prinsip demokrasi tersebut terealisasikan didalam kehidupan nyata.


•Pembagian kekuasaan
            Didalam sistem Pemerintahan , Indonesia membagi 3 Kekuasaan Politik (Trias Politica )yakni ada Lembaga Eksekutif (Presiden & Wakil Presiden yang dibantu oleh para menteri), Lembaga Legislatif (DPR , MPR dan DPD) dan Lembaga Yudikatif (MA , MK dan KY). Sehingga poin ini pun telah terealisasikan secara nyata.

•Pemerintah konstitusional
            Ya Indonesia menjadikan UUD 1945 sebagai Landasan Konstitusional Negara, jadi UUD 1945 dijadikan sebagai pengatur jalannya pemerintahan Indonesia, yang membatasi hak dan wewenang negara.

•Rule of Law
            Walaupun seharusnya Negara yang bersistem politik demokrasi harus menjalankan ‘Rule of Law’ tapi menurut saya Indonesia masih tumpul ke atas dalam masalah hukum , para pejabat-pejabat tinggi yang memiliki harta yang melimpah masih kebal terhadap hukum sehingga hukum di Indonesia belum sepenuhnya ditegakan.
           
•Pemerintahan mayoritas
            Di Indonesia suara mayoritas akan menentukan bagaimana pemerintahan yang akan berjalan , peraturan perundang-undangan terbentuk juga program-program pemerintahan.

•Diskusi
            Contoh kasus dari Diskusi yakni ketika sebuah organisasi sedang mendiskusikan sebuah ide lalu terdapat beberapa macam pemikiran yang berbeda maka disinilah peran diskusi akan didapatkan yakni dengan musyawarah untuk mecapai mufakat, sehingga permasalahan tersebut dapat teratasi.

•Pemilihan umum yang bebas
            Setelah era Orde baru poin ini pun muncul, setiap masyarakat / individu yang berusia 17 tahun dan memiliki KTP bebas memilih calon kepala daerah ataupun dipemilihan-pemilihan lain sesuai dengan hati nurani tanpa adanya paksaan, sehingga poin ini pun telah terealisasikan di Indonesia.



•Kebebasan Pers
            Di Indonesia sangat banyak media-media yang mem-blow up tentang kinerja pemerintah Indonesia, baik itu prestasi ataupun sebuah kegagalan , menurut saya Kebebasan politik di Indonesia ini sudahlah baik dibanding negara tetangga kita seperti Malaysia dan Singapura yang masih takut untuk mengkritisi pemerintahannya sendiri . Sehingga poin ini telah terealisasikan di Indonesia.

•Pengakuan terhadap hak minoritas
            Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak keberagaman mulai dari suku bangsa , agama  dan ras . Contoh dari kasus Pengakuan terhadap hak minoritas yakni ketika disebuah pemukiman yang mayoritasnya beragama islam lalu ada tetangganya yang beragama hindu , maka penduduk sekitar membiarkan dan menghormati untuk pergi beribadah ke wihara, sehingga keadaan disekitar pemukiman tersebut akan tetap berjalan harmonis.

•Penyelesaian secara damai bukan dengan kompromi
            Sejujurnya Indonesia belum merealisasikan poin ini sebagai negara bersistem politik demokrasi, karena beberapa oknum masih melakukan aktifitas ‘kompromi’ tersebut, seperti saat seorang pengendara sepeda motor terkena tilang oleh oknum polisi lalu sang pengendara memberikan uang ‘kompromi’ untuk alasan damai sehingga oknum polisi tersebut melepaskan begitu saja.

•Jaminan terhadap kebebasan individu

            Indonesia telah menjamin atas kebebasan setiap individu, setiap individu berhak untuk menentukan nasibnya sendiri sesuai dengan apa yang individu tersebut inginkan seperti ingin memeluk agama apa, ingin bekerja sebagai apa, dan hal yang lainnya .


REFERENSI :

PowerPoint di Kuliah Online
Hasil analisi pribadi

0 komentar:

Posting Komentar