Your Adsense Link 728 X 15

UAS KWN 2018 (No.2)

Posted by Erix Kurniawan Herlambang Senin, 29 Januari 2018 0 komentar
SOAL

Silahkan klik tautan berikut : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160620170157-20-139564/perairan-natuna-medan-tempur-indonesia-china Berikan analisa Anda berdasarkan pertanyaan berikut ini :
 Menurut anda apakah wilayah negara RI rentan terhadap masuknya kapal dan nelayan asing? Mengapa demikian?
 Menurut Anda, haruskah pemerintah Indonesia mengajukan protes terhadap pemerintah Tiongkok terkait artikel di atas?
 Dalam konteks wawasan nusantara, Apa yang perlu dilakukan oleh pemerintah Indonesia, secara politik dan pertahanan, dan masyarakat Indonesia dalam menjaga kedaulatan wilayah negara?

*JAWABAN*




Indonesia yang dikenal sebagai negara maritime memiliki kekayaan laut yang melimpah ruah, di era Presiden Jokowidodo segala aspek yang meliputi kekayaan maritime yang Indonesia miliki mulai terekspos diberbagai media sehingga beberapa kasus yang berkaitan dengan laut Indonesia pun kian mencuat ke permukaan.

Setelah saya membaca berita dari CNN yang berjudul “Perairan Natuna, 'Medan Tempur' Indonesia-China” saya memiliki beberapa spekulasi yang ingin saya bagikan.

Sikap pemerintah Indonesia terhadap beberapa pembelaan yang dilakukan oleh Tiongkok sangatlah baik, karena hal yang dilakukan oleh nelayan Tiongkok diperairan Natuna tersebut adalah salah, para nelayan tersebut seenaknya mengambil ikan diperairan Indonesia yang sudah jelas bahwa ikan juga termasuk kekayaan / sumber daya yang dimiliki oleh Indonesia.

Saya pun bangga dengan sikap Menteri Kelautan dan Perikanan RI kita dengan menegaskan bahwa kita harus jaya di wilayah laut yang kita miliki.

Menjawab Analisis sesuai pertanyaan :



·         Menurut anda apakah wilayah negara RI rentan terhadap masuknya kapal dan nelayan asing? Mengapa demikian?

Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas dan menurut saya itu merupakan suatu celah yang dapat dimanfaatkan oleh pihak asing untuk mencuri kekayaan yang kita miliki, perairan yang kita miliki ini sangat rentan terhadap masuknya kapal-kapal dan nelayan-nelayan asing , karena saking luasnya wilayah perairan yang kita miliki maka penjagaan disetiap perbatasan dengan wilayah tetangga jadi kurang maksimal hal ini juga disebabkan karena kapal patroli yang bertugas selalu bergerak kesetiap arah sehingga saat kapal patroli bertempat di kawasan yang tidak tepat maka celah ini akan dimanfaatkan oleh pihak asing untuk berbuat ‘nakal’.

Ketidakpatuhan terhadap hukum Internasional yang dilakukan oleh  negara asing pun dapat menjadi faktor mengapa negara kita sering ‘kecolongan’ .


  • Menurut Anda, haruskah pemerintah Indonesia mengajukan protes terhadap pemerintah Tiongkok terkait artikel di atas?


            Ya, tindakan protes pemerintah Indonesia terhadap Tiongkok sangatlah perlu, karena hal yang telah dilakukan oleh kapal ataupun nelayan tiongkok sudah merugikan Indonesia, yaitu dengan mencuri ikan yang juga merupakan salahsatu sumberdaya terbesar yang kita miliki.

            Melintasi wilayah tanpa sepengetahuan dan seizin negara terkait juga merupakan pelanggaran yang dapat ditindaklanjuti ke pengadilan Internasional, agar memberi dampak jera bagi negara yang melakukan hal tersebut.

            Selama ini Indonesia selalu mengambil jalan damai karena kita tidak mau terjadi ketegangan diwilayah sekitar demi keamanan dan ketertiban di NKRI.




  • ·       Dalam konteks wawasan nusantara, Apa yang perlu dilakukan oleh pemerintah Indonesia, secara politik dan pertahanan, dan masyarakat Indonesia dalam menjaga kedaulatan wilayah negara?


Yang dilakukan pemerintah secara Politik & Pertahanan :
1.    Menempatkan Pasukan TNI  ditempat yang rawan dimasuki oleh pihak asing, di darat, laut maupun udara.
2.    Membuat perjanjian secara tertulis bahwa siapapun yang melanggar perbatasan harus menghadapi hukuman yang setimpal.

Yang dilakukan masyarakat Indonesia :
1.    Mengamalkan nilai-nilai Pancasila juga nilai-nilai ke Bhineka-an didalam kehidupan bermasyarakat.

2.    Melaksanakan segala usaha pertahanan negara seperti jika ada kegiatan bela negara atau pramuka kita harus ikut serta karena materi dan pelatihan yang dilakukan dikegiatan tersebut dapat bermanfaat jikalau negara ini sedang dalam keadaan yang genting.

REFERENSI :
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160620170157-20-139564/perairan-natuna-medan-tempur-indonesia-china

Hasil pemikiran dan analisis pribadi

0 komentar:

Posting Komentar